Berpuasa, bukan berarti kita mengijinkan badan untuk bermalas-malasan. Karena dengan berpuasa kita dilatih untuk menahan segala sesuatu yang sanggup membatalkan puasa. Maka dari itu selama berpuasa badan harus dijaga biar tetap sehat.

Loh mana sanggup sehat kalau makan cuma dua kali sehari? Bisa, dengan beberapa tips berikut ini tubuhmu akan tetap sehat menyerupai sebelum berpuasa.

Sahur ialah dikala penting dimana kau sanggup mengisi energimu ketika siang datang. Dan dikala petang, ialah dikala berbuka, dimana kau sanggup mengisi kembali energi yang telah terkuras. Namun beberapa orang mempersepsikan salah wacana sahur dan berbuka puasa. Beberapa dari mereka melebihkan makan atau minum dikala sahur, dan yang lainnya melebihkan makan dan minum dikala berbuka. Padahal sesuatu yang berlebihan itu tidak baik untuk tubuh.

Dr. Razeen Mahroof, spesialis Anestesi dari Oxford menyebutkan bahwa berlebihan ketika sahur dan berbuka sanggup mengakibatkan badan tidak sehat. Beliau mengistruksikan bahwa dalam sahur dan berbuka harus disiplin, artinya sahur dan buka diwaktu yang sempurna dan tidak berlebihan ketika melakukannya. Hal itu akan mengurangi dampak jelek badan ketika berpuasa. Karena pesan yang mendasari adanya puasa dibulan Ramadhan ialah wacana disiplin dan pengendalian diri.

Nah maka dari itu, berikut ini ialah tips biar kau tetap sehat ketika menjalani ibadah puasa.

1. Konsumsi sajian diet yang seimbang

Mungkin kau menganggap puasa juga sanggup disebut diet. Itu memang benar, maka ketika kau sahur dan berbuka, tidak ada salahnya menerapkan sajian diet sehari-harimu. Dan setidaknya sajian diet harianmu tersebut berisi

– Buah dan sayuran
– Roti, sereal dan kentang
– Daging, ikan atau alternatif lainnya
– Susu atau produk olahan susu
– Makanan yang mengandung lemak baik dan gula

Dari banyaknya manfaat yang terkandung dalam sajian diet diatas, karbohidrat kompleks ialah yang paling penting. Karbohidrat komplek sanggup melepaskan energi secara perlahan selama berjam-jam ketika kau berpuasa. Dan kau sanggup menemukan manfaat karbohidrat kompleks dari gandum serta olahannya, oat, semolina (tepung dari durum wheat), kacang-kacangan, lentils dan beras basmati.

Makanan yang kaya akan serat juga sangat baik untuk tubuh. Makanan tersebut menyerupai sereal, gandum, biji-bijian, kentang dengan kulitnya, sayuran menyerupai kacang hijau dan hampir semua buah-buahan termasuk buah apricot, plum dan buah ara.

Dan kuliner yang harus dihindari ialah kuliner yang diolah dengan dibakar, kuliner berat yang berisi olahan dari karbohidrat biasa (gula tepung putih), serta kuliner berlemak (seperti kue, biskuit, cokelat dan permen)

Hindari juga minuman yang mengandung kafein menyerupai kopi, teh, serta minuman bersoda. Hal tersebut dikarenakan minuman berkafein bersifat diuretik yang merangsang hilangnya cairan badan dengan cepat melalui buang air kecil.

2. Konsumsi kuliner yang sehat

Ketika sahur haruslah mengonsumsi kuliner yang sehat. Tak perlu mengonsumsi banyak kuliner yang penting cukup untuk menawarkan energi selama puasa.

Menurut pernyataan Dr. Mahroof, sahur janganlah berlebihan, cukup mengonsumsi kuliner yang sanggup dicerna secara lambat menyerupai roti, salad atau sereal (terutama gandum) sehingga badan akan menghasilkan energi secara bertahap. Penting juga kandungan vitamin menyerupai jus buah. Jika tidak punya, biasa menggantinya dengan meminum minuman isotonik untuk mengganti garam yang hilang.

Ketika berbuka, konsumsilah kurma. Kurma sangat dianjurkan oleh Rasulullah dikonsumsi dikala berbuka. Kurma juga sanggup menawarkan aksesori energi dengan cepat. Sama halnya dengan jus buah, yaitu mempunyai efek revitalisasi. Dan untuk memulai berbuka puasa, minumlah air putih yang banyak untuk membantu me-rehidrasi  dan untuk mengurangi kemungkinan kenyang yang berlebihan. Hindari makan hingga perut menjadi gemuk sebab akan mengurangi aktifitasmu sehabis berbuka.

3. Hindari kuliner ini

Ketika sahur dan buka pastikan kau menghindari kuliner berikut ini

– Makanan gorengan
– Makanan yang tinggi gula dan lemak (permen, camilan elok dan sejenisnya)
– Makanan yang mengandung minyak (lemak berlebih)

Itu akan menghindarikan tubuhmu dari kebiasaan berpuasa yang tidak sehat. Nah kalau kau masih menginginkan makanan-makan ringan sebagai pendamping buka puasa, maka alternatifnya sanggup mengonsumsi kuliner berikut ini

– Kue-kue yang dipanggang, bukan yang digoreng
– Daging atau ayam yang dipanggang
– Permen yang berbahan dasar susu murni

4. Jangan pernah melewatkan sahur

Makan sahur sebagai asupan terpenting ketika pagi hari. Jangan hingga lewatkan makan sahurmu hanya sebab hal sepele. Mungkin pada malam kemarin kau memang sengaja begadang sebab banyak pekerjaan yang belum terselesaikan. Tapi ketika pagi sebelum shubuh sudah, jangan hingga kau masih tertidur pulas. Asupan energi sangat diharapkan badan ketika beraktifitas selama puasa. Sehingga mintalah seseorang membangunkanmu ketika kau tidak sanggup berdiri sebab pekerjaan yang menyita malammu.

Atau ketika kau berdiri bertepatan dengan waktu imsyak, itu masih lebih baik. Jika sisa waktu cukup untuk makan, maka makanlah walau sedikit, kemudian minum air putih 2 hingga 3 gelas. Usahakan jangan minum air putih saja, sebab ketika beraktifitas, tak ada asupan kuliner yang akan diserap untuk dijadikan energi sehingga siangnya kau akan bertambah lemas dan sorenya kau akan mulai pusing. Maka dari itu usahakan jangan hingga melewatkan makan sahur.

5. Bergeraklah

Ketika puasa janganlah berdiam diri. Minimal lakukan acara kecil-kecilan biar tubuhmu tidak lemas. Selain itu kau juga tidak akan terpikir perutmu yang sedang kosong atau bahkan tenggorokanmu yang sedang kering. Lakukan acara menyerupai membaca buku dengan topik tertentu, membaca koran, membereskan beberapa barang di rumah atau acara bermanfaat lainnya. Semua tak terasa dikala kau menjalaninya dengan santai hingga waktu berbuka.

Itulah  5 tips sehat dikala berpuasa. Berpuasa bukan berarti menciptakan badan menjadi lemas, tetapi sebaliknya berpuasa menciptakan tubuhmu menjadi lebih sehat. Pola makan yang teratur dan sanggup menahan segala sesuatu yang kurang menguntungkan ialah imbalan yang akan didapat selain imbalan berupa pahala yang penuh dengan keberkahan.