Kurang Tidur – Bagi kau yang sering begadang untuk mengerjakan tugas, baiknya kau cermati artikel berikut ini. Kamu yang kurang tidur akan menjadikan banyak ancaman yang mengancam tubuhmu. Bagai hal kecil yang ditumpuk akan menjadi besar, itulah efek samping dari kurang tidur yang akan bertambah besar bila makin sering kau lakukan.

Untuk lebih jelasnya, baiknya kita simak Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan Tubuh berikut ini :

1. Kaprikornus pelupa dan sulit berkonsentrasi

Menjadi pikun di usia muda, mungkin sudah dialami oleh beberapa orang yang kurang tidur. Termasuk juga saya (hehe curhat sedikit) yang gampang lupa meletakkan barang di suatu tempat. Berhati-hatilah alasannya yaitu perasaan lupa itu sanggup tiba walau kau mencoba untuk tetap mengingatnya. Itu alasannya yaitu efek samping dari kurang tidur. Ketika kau kurang tidur, maka esok harinya akan merasa lelah dan kurang bersemangat disusul konsentrasi akan berkurang.

Sean Drummond PhD, seorang peneliti duduk kasus tidur dari University of California, menyatakan bahwa seseorang yang lelah biasanya akan gampang mengambil resiko dengan impian mendapat hasil yang maksimal. Padahal, hal tersebut menjadikan rencana yang tersusun rapi menjadi berantakan. Belum lagi saat lelah itu akhir kurang tidur, maka pikiran kita akan sulit untuk berkonsentrasi menentukan mana yang lebih penting untuk dikerjakan dahulu.

2. Merasa lapar

Bila kurang tidur, tubuh akan lebih sedikit menghasilkan hormon pengendali nafsu makan, yaitu Leptin. Dan itu akan menjadikan hormon yang menciptakan nafsu makan (ghrelin) meningkat. Bila kau masih merasa lapar walau telah menghabiskan semangkuk nasi, maka hal diatas yang telah terjadi pada tubuhmu.

Orang yang terjangkit penyakit kelelahan yang kronis, biasanya akan mengkonsumsi gula dan karbohidrat sederhana. Dengan mengkonsumsi karbohidrat yang banyak serta ditambah dengan kalori yang tinggi, maka penambahan berat tubuh tidak sanggup terelakan.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Washington pada dua orang kembar identik, menyatakan bahwa rata-rata indeks massa tubuh 24,8. 2 poin lebih rendah daripada rata-rata Body Mass Index pada umumnya. Itu alasannya yaitu setiap malam mereka kurang tidur 7 hingga 9 jam.

3. Praktis terjangkit penyakit

Orang yang kurang tidur akan lebih gampang terjangkit infeksi. Itu terjadi alasannya yaitu orang yang kurang tidur mempunyai sistem imun yang rendah daripada orang yang cukup tidur. Bisa juga orang yang kurang tidur tersebut gampang terjangkit penyakit kronis pada cuilan punggung atau bbisa juga terjangkit penyakit arthritis.

Penelitian yang dilakukan oleh Michael Smith, PhD, yang merupakan eksekutif dari salahsatu organisasi kesehatan yang berjulukan Behavioral Sleep Medicine, menyatakan bahwa orang remaja yang cukup tidur setidaknya 8 jam dalam sehari, mempunyai toleransi sakit lebih rendah daripada orang yang kurang tidur.

4. Praktis sedih

Orang yang kurang tidur akan lebih gampang mengingat kejadian-kejadian negatif daripada kejadian-kejadian yang membahagiakan. Ini juga bekerjasama dengan kelelahan yang mempunyai kecenderungan selalu terpikir memori-memori yang negatif daripada positif. Maka tidaklah heran bila orang yang kurang tidur terlihat menyerupai depresi dengan mata sayu dan kantung mata yang terlihat hitam.

5. Melambatnya kinerja sistem motorik otak

Melambatnya sistem motorik ini sanggup berakibat kecerobohan pada apa yang kita perbuat. Membuat melambatnya kinerja otak dan kurang gesitnya aktifitas orang yang kurang tidur tersebut. Kecerobohan itu juga akhir kurang fokusnya otak pada suatu hal sehingga saat kini sedang mengerjakan sesuatu, maka yang didalam otak bukanlah memikirkan apa yang sedang dikerjakan melainkan segala sesuatu yang bahkan tidak bekerjasama dengan apa yang dikerjakannya.

6. Praktis terjangkit diabetes

Penelitian yang dilakukan oleh University of Chicago, menyatakan bahwa orang yang tidur kurang dari 6 jam, akan gampang terjangkit diabetes. Kurang tidur akan menciptakan cairan insulin lebih sedikit dan kadar gula semakin meningkat. Insulin yang mempunyai kegunaan menetralkan kadar gula akan gagal bekerja alasannya yaitu jumlahnya yang lebih sedikit daripada gula dalam darah. Dan hal tersebutlah yang menjadikan penyakit diabetes.

7. Akan tampak lebih tua

Seorang hebat dalam permasalahan tidur Jyotsna Sahni, MD menyatakan bahwa peningkatan kadar kortisol sanggup memperlambat produksi kolagen yang sanggup memicu terjadinya keriput lebih cepat. Kurang tidur inilah yang menjadikan kadar kortisol itu meningkat sehingga orang kurang tidur kulitnya akan terlihat pucat dengan wajah yang lelah.

Itulah bahayanya kurang tidur bagi kesehatan tubuh. Sesibuk apapun kamu, ada baiknya gunakan waktu tidurmu dengan baik. Waktu tidur yang baik yaitu saat malam. Kaprikornus saat kau sedang banyak pekerjaan dan tidak sempat tidur di siang hari, itu akan lebih baik daripada mengurangi waktu tidur dimalam hari.